JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Lirik Lagu sebagai Media Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cikeusal

Phitaloka, S. Apriani (Unknown)
Aisah, S (Unknown)
Amalia, D (Unknown)
Faujiah, S. Ifa (Unknown)
Nurfadhillah, N (Unknown)
Wahyuni, S (Unknown)
Wibowo, Tb. Umar Syarif Hadi (Unknown)
Ningsih, H. Diah (Unknown)
Kusdaningsih, E (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengasah kemampuan daya menalar sehingga dapat melahirkan jiwa-jiwa kreativitas pada peserta didik dan mengetahui efektifitas penerapan media lirik lagu sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan proses pengolahan data yang ditemukan berupa hasil pengamatan, wawancara, dan angket. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pelajaran sejarah yang biasa mendapat stigma membosankan kini dapat di inovasikan melalui lirik lagu sebagai media pembelajaran. Di era globalisasi seperti saat ini, guru sebagai fasilitator di dalam kelas memiliki peranan yang penting agar pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan dan dapat melibatkan peserta didik untuk kreatif. Peran siswa dalam pembuatan lirik lagu pada kegiatan belajar sangat besar karena melatih peserta didik untuk berpikir kreatif menciptakan bait demi bait lirik lagu dengan menyusun kata kata yang sesuai dan materi yang dibuatkan lirik hingga menjadi lagu akan lebih mudah diingat oleh peserta didik. Kajian lirik lagu yang digunakan sebagai media pembelajaran ini dapat dikatakan sesuai dalam meningkatkan kreativitas siswa dan membangun karakter siswa yang aktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...