Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengasah kemampuan daya menalar sehingga dapat melahirkan jiwa-jiwa kreativitas pada peserta didik dan mengetahui efektifitas penerapan media lirik lagu sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan proses pengolahan data yang ditemukan berupa hasil pengamatan, wawancara, dan angket. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pelajaran sejarah yang biasa mendapat stigma membosankan kini dapat di inovasikan melalui lirik lagu sebagai media pembelajaran. Di era globalisasi seperti saat ini, guru sebagai fasilitator di dalam kelas memiliki peranan yang penting agar pembelajaran dapat berjalan dengan menyenangkan dan dapat melibatkan peserta didik untuk kreatif. Peran siswa dalam pembuatan lirik lagu pada kegiatan belajar sangat besar karena melatih peserta didik untuk berpikir kreatif menciptakan bait demi bait lirik lagu dengan menyusun kata kata yang sesuai dan materi yang dibuatkan lirik hingga menjadi lagu akan lebih mudah diingat oleh peserta didik. Kajian lirik lagu yang digunakan sebagai media pembelajaran ini dapat dikatakan sesuai dalam meningkatkan kreativitas siswa dan membangun karakter siswa yang aktif.
Copyrights © 2024