JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Negosiasi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Auriantri, Siti Sarah (Unknown)
Winarti, Winarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Strukur Teks Negosiasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA X SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 36 siswa. Objek yang diteliti adalah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Powtoon terhadap Kemampuan Menganalisis Strukur Teks Negosiasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur teks negosiasi oleh siswa X IPA X SMA Negeri 4 Medan sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media Powtoon adalah 77,77. Nilai rata-rata kemampuan menganalisis struktur teks negosiasi oleh siswa kelas X IPA X SMA Negeri 4 Medan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media Powtoon adalah 94,44. karena uji statistik menggunakan uji Wilcoxon memperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,000, karena nilai 0,000

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...