JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Soal Bangun Datar Segi Empat pada Pembelajaran Matematika

Dwi, Risa (Unknown)
Sintia, Windi (Unknown)
Fildzah, Fildzah (Unknown)
Salsa, Salsa (Unknown)
Ariansyah, Ariansyah (Unknown)
Yolanda, Yolanda (Unknown)
Nasution, Haryati Ahda (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun datar segi empat di MTs Darul Iklas Pagar Merbau, dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah Penelitian ini mengeksplorasi kemampuan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan bangun datar segi empat, khususnya pada MTs Darul Iklas Pagar Merbau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan dari siswa SMP secara acak, dan tes/kuis disusun untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep dasar, penerapan rumus, dan sifat-sifat bangun datar segi empat.Hasil analisis menunjukkan perbedaan tingkat pemahaman siswa antara kelas 7, 8, dan 9. Sekitar 40% siswa kelas 7 dan 8 memiliki pemahaman terbatas, sementara siswa kelas 9 menunjukkan peningkatan, sekitar 55% telah memahami konsep tersebut. Faktor-faktor seperti metode pengajaran, ketersediaan sumber belajar, dan tingkat kesulitan materi berkontribusi pada kurangnya pemahaman siswa.Rekomendasi untuk meningkatkan pemahaman siswa termasuk penggunaan metode pembelajaran yang beragam, penyediaan sumber belajar yang variatif, dan penekanan pada pemahaman mendalam terhadap bagian materi yang sulit dipahami siswa. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...