Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun datar segi empat di MTs Darul Iklas Pagar Merbau, dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah Penelitian ini mengeksplorasi kemampuan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam menyelesaikan soal-soal yang terkait dengan bangun datar segi empat, khususnya pada MTs Darul Iklas Pagar Merbau. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan dari siswa SMP secara acak, dan tes/kuis disusun untuk mengukur pemahaman siswa terhadap konsep dasar, penerapan rumus, dan sifat-sifat bangun datar segi empat.Hasil analisis menunjukkan perbedaan tingkat pemahaman siswa antara kelas 7, 8, dan 9. Sekitar 40% siswa kelas 7 dan 8 memiliki pemahaman terbatas, sementara siswa kelas 9 menunjukkan peningkatan, sekitar 55% telah memahami konsep tersebut. Faktor-faktor seperti metode pengajaran, ketersediaan sumber belajar, dan tingkat kesulitan materi berkontribusi pada kurangnya pemahaman siswa.Rekomendasi untuk meningkatkan pemahaman siswa termasuk penggunaan metode pembelajaran yang beragam, penyediaan sumber belajar yang variatif, dan penekanan pada pemahaman mendalam terhadap bagian materi yang sulit dipahami siswa. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan tersebut.
Copyrights © 2024