Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode buzz group berbasis model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Data pada penelitian ini, yaitu (1) hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan Project Based Learning (PjBL), (2) hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan Project Based Learning (PjBL). Berdasarkan hasil deskripsi data dan analisis data, terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Padang sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Hal ini terbukti dari hasil uji hipotesis alternative (H1) diterima dengan taraf signifikan 95% dan dk=(n-1) (6,35>1,66). Dengan demikian penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Padang. Hal tersebut juga terlihat dari rata-rata selisih nilai pretest dan posttest siswa sesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL) (77,08>55,47).
Copyrights © 2024