Dalam belajar bahasa Inggris, banyak sekali keterampilan yang harus dikuasai. Salah satunya adalah keterampilan mendengarkan. Listening merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa yang belajar bahasa Inggris. Listening merupakan keterampilan dasar dalam bahasa Inggris sebelum orang melanjutkan ke keterampilan berikutnya dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi JOOX terhadap keterampilan mendengarkan siswa kelas sebelas di MAS TI Candung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan membandingkan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS-TI Candung, yaitu XI IPK 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa, dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mendengarkan siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi JOOX. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 84,11 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 48,46. Dari skor kedua kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi JOOX memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mendengarkan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024