JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

The Effect of Using Joox Application Towards Students Listening Skills of The Eleventh Grade at MAS-TI Candung

Nini Anggriani (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Genta Sakti (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Eliza Eliza (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Syahrul Syahrul (UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Dalam belajar bahasa Inggris, banyak sekali keterampilan yang harus dikuasai. Salah satunya adalah keterampilan mendengarkan. Listening merupakan salah satu keterampilan bahasa Inggris yang harus dikuasai oleh siswa yang belajar bahasa Inggris. Listening merupakan keterampilan dasar dalam bahasa Inggris sebelum orang melanjutkan ke keterampilan berikutnya dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi JOOX terhadap keterampilan mendengarkan siswa kelas sebelas di MAS TI Candung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dengan membandingkan dua kelas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MAS-TI Candung, yaitu XI IPK 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa, dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan mendengarkan siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi JOOX. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 84,11 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol sebesar 48,46. Dari skor kedua kelas dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi JOOX memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan mendengarkan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...