Pendidikan merupakan suatu upaya yang bertujuan guna mampu merubah sikap maupun tingkah laku yang dimilki seseorang dalam mematangkan dirinya melalui sebuah proses, latihan, serta mendidik. Namun pada kenyataanya seiring berjalannya zaman, penanaman nilai-nilai keagamaan di sekolah kurang stabil. Maka dari itu, penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa temuan pengaruh negatif dari kemajuan Integrasi Internasional pada nilai keagamaan siswa sepertihalnya rendahnya etika siswa. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi-inovasi terbaru serta strategi yang dapat menanggulangi dan menangani problemtika yang trending pada Lembaga Pendidikan saat ini. Metode yang nantinya akan digunakan ialah deskriptif kualitatif. Yangmana penelitian dilaksanakan di SMA Islam Perlaungan. Adapun Implementasi dalam penerapan nilai keagamaan ini melalui metode pembiasaan, metode implementasi langsung, dan juga metode keteladanan. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah: 1) Penanaman Nilai moral melalui metode Implementasi lansung dan keteladanan meliputi: Kajian kitab ta’lim muta’allim, penerapan 5S, teguran dan nasihat dari guru. 2) Penanaman nilai ibadah melalui metode pembiasaan, meiputi: a) Pembiasaan Sholat berjama’ah di masjid b) Do’a bersama sebelum dan sesudah memulai belajar c) PHBI dan sebagainya. Penelitian ini juga menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai keagamaan ini, sepertihalnya: keistiqomahan dari berbagai aktitivitas.
Copyrights © 2024