Penelitian ini adalah penelitian survei “mengumpulkan data sebanyaknya mengenai faktor yang merupakan pendukung terhadap kualitas belajar mengajar” dengan pendekatan korelasional: yaitu meneliti tentang hubungan antara dua hal atau lebih” selanjutnya dikorelasikan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 01 Selamat Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman, dengan 20 orang siswa sebagai sampel, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner, dokumentasi, dan wawancara. Dilakukan pengujian pada data yaitu uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji Linearitas. Hasil analisis data dengan uji korelasi menunjukkan bahwa hubungan antara minat belajar (X), berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,866. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (0,866> 0,444) dan pada taraf signifikan 1 % = 0,561.
Copyrights © 2024