JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Raudhatul Jannah Kota Subulussalam

Juwairiani, Juwairiani (Unknown)
Subhani, Subhani (Unknown)
Hanum, Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Pendidikan di pesantren, sebagai lembaga tradisional dalam konteks keislaman, menghadapi tantangan untuk mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam proses pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan multikultural di pesantren dan dampaknya terhadap kesadaran pluralisme dalam pendidikan Islam. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap pesantren tertentu.Temuan menunjukkan bahwa pesantren telah mulai mengintegrasikan elemen-elemen multikultural dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari. Pendidik di pesantren memainkan peran kunci dalam memfasilitasi dialog antarbudaya dan mendukung pemahaman yang lebih baik terhadap keragaman budaya. Sementara itu, peserta didik menunjukkan peningkatan kesadaran terhadap nilai-nilai pluralisme dan toleransi.Analisis data juga mengidentifikasi beberapa tantangan, seperti kurangnya sumber daya dan pemahaman yang mendalam tentang pendidikan multikultural di kalangan pendidik pesantren. Meskipun demikian, pesantren tetap menjadi agen penting dalam mempromosikan pendidikan multikultural sebagai bagian integral dari pendidikan Islam.Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman tentang dinamika pendidikan multikultural di pesantren dan relevansinya dalam menghadapi kompleksitas masyarakat yang semakin beragam. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu pengembangan kebijakan pendidikan yang mendukung integrasi nilai-nilai multikultural di lembaga-lembaga pendidikan Islam tradisional, sambil memperkuat identitas Islam dan kesatuan bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...