Penelitian Educational Design Research bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif, berupa e-modul Termokimia berbasis guided discovery learning dan menentukan validitasnya. Model pengembangan yang digunakan adalah Model Plomp, yang terdiri dari tiga tahap yakni: preliminary research, prototyping phase, assessment phase. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi dan angket one to one evaluation. E-modul divalidasi oleh lima validator, yakni tiga dosen dan dua Guru Kimia. Angket one to one evaluation diisi oleh tiga orang peserta didik kelas XII F. Hasil validitas dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Didapatkan hasil penelitian nilai rata-rata Aiken’s V e-modul sebesar 0,92 dengan kategori Valid. Hasil one to one evaluations menunjukan bahwa e-modul yang dibuat sudah bagus, menarik, jelas, dan mudah dipahami. Penelitian dilakukan sampai tahap prototyping stage dan dihasilkan prototype III yang valid. Berdasaran hasil penelitian disimpulkan bahwa, e-modul termokimia berbasis guided discovery learning untuk fase F kelas XI SMA/MA yang dikembangkan valid dan penelitian ini dapat dilanjutkan ke tahap uji praktikalitas dan efektifitas, sehingga diperoleh e-modul yang valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2024