Penelitian ini dilakukan dengan melihat rendahnya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang efektif dalam membina guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Negeri Bisnis Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bisnis Kota Padang yang berjumlah 240 orang guru. Jumlah sampel penelitian ini adalah 76 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian yaitu instrumen. Data analisis dapat menentukan rata-rata persentase setiap variable. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan ada beberapa kesimpulan yaitu (1) Kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri Bisnis Kota Padang dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 82,93% (2) Kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Negeri Bisnis Kota Padang dapat dikategorikan tinggi sebesar 88.09 %. (3) Pada SMK Negeri Bisnis Kota Padang terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dalam pembelajaran pada Tingkat signifikan 5%, dengan koefisien regresi sebesar 14,3 % dan 85,5 % dipengaruhi factor lain. dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 4,30. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh dapat dilihat dari semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka akan tinggi kinerja guru dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024