JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bisnis Kota Padang

Salsabila Salsabila (Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bisnis Kota Padang)
Hanif Al Kadri (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Sulastri Sulastri (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)
Hade Afriansyah (Departemen Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan melihat rendahnya kepemimpinan kepala sekolah yang kurang efektif dalam membina guru untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Negeri Bisnis Kota Padang. Populasi penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Bisnis Kota Padang yang berjumlah 240 orang guru. Jumlah sampel penelitian ini adalah 76 guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk penelitian yaitu instrumen. Data analisis dapat menentukan rata-rata persentase setiap variable. Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan ada beberapa kesimpulan yaitu (1) Kepemimpinan kepala sekolah di SMK Negeri Bisnis Kota Padang dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 82,93% (2) Kinerja guru dalam pembelajaran di SMK Negeri Bisnis Kota Padang dapat dikategorikan tinggi sebesar 88.09 %. (3) Pada SMK Negeri Bisnis Kota Padang terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru dalam pembelajaran pada Tingkat signifikan 5%, dengan koefisien regresi sebesar 14,3 % dan 85,5 % dipengaruhi factor lain. dapat dikategorikan baik dengan skor rata-rata 4,30. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dalam proses pembelajaran memiliki pengaruh dapat dilihat dari semakin baik kepemimpinan kepala sekolah maka akan tinggi kinerja guru dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...