JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Standar Mutu Kekhasan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) di SD IT Cahaya Madani Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Roni, Efrita (Unknown)
Yuliana, Resti (Unknown)
Yatma, Ade (Unknown)
Supriawan, Supriawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi perkembangan dunia pendidikan terutama banyak munculnya sekolah-sekolah Islam terpadu dan tingginya minat masyarakat menyekolahkan anak-anaknya di SDIT tersebut. dan peneliti merasa tertarik untuk melihat dan mengetahui bagaimana pelaksanaannya di SDIT Cahaya Madani yang sudah tergabung dalam JSIT. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui bagaimana implementasi standar mutu kekhasan JSIT di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan peneliatan lapangan, metode etnografi, untuk mendapatkan data-data dari permasalahan yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek Penelitian ini ialah Kepala Sekolah, dan guru-guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi 9 Standarnya mutu kekhasan JSIT yaitu a) Standar Kompetensi Lulusan, (b)Standar isi, (c) Standar pembinaan peserta didik, (d)Standar Proses, (e) Standar Penilaian (f) Standar Guru dan Tenaga kependidikan, (g)Standar Sarana dan prasarana, (h) Standar Pengelolaan, (i) Standar Pembiayaan secara umum telah memenuhi standar dalam penyelenggaraan kurikulum sekolaha. Pada penyelenggaraan kurikulum dikelas ataupen diluar kelas materi yang diajarkan dimasukkan nilai-nilai keislaman dan dinampakkan dalam proses pembelajaran JSIT , implementasi Mutu Kekhasan jaringan sekolah terpadu (JSIT) di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping mengacu kepada standar proses BNSP dan standar mutu JSIT. Perencanaan pembelajaran, penata lingkungan kelas dan pembiasaan adab islami implementasi Mutu Kekhasan jaringan sekolah terpadu (JSIT) di SDIT Cahaya Madani Lubuk Sikaping

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...