JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Implementasi Pendidikan Multikultural di SMP IT Darur Rasyid Silatong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil

Hadi, Sufian (Unknown)
Maha, M. Fatahurahman (Unknown)
OK, Azizah Hanum (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis perencanaan, menjelaskan penerapan dan evaluasi pendidikan multikultural di lingkungan sekolah SMP IT Darur Rasyid Silatong. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Dengan menerapkan metode penelitian kualitatif dan studi lapangan, pendekatan yang dipakai pada penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dimana sebuah pendekatan yang bermaksud untuk menganalisis secara menyeluruh terhadap satu kasus atau beberapa kasus yang berhubungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan multikulturalisme dalam pendidikan memerlukan pendekatan holistik, melibatkan aspek-aspek seperti kurikulum, model pembelajaran, suasana sekolah dan peran guru. Pentingnya penilaian isi, pendekatan, dan kurikulum yang menghargai perbedaan dan tidak diskriminatif juga ditekankan. Guru memiliki peran sentral dalam mengelola konten sekolah, memimpin proses pembelajaran, dan mengorganisir kegiatan lintas budaya. Selain itu, upaya untuk menghargai budaya lain dapat ditekankan melalui pendekatan pedagogis, seperti memotivasi siswa untuk mempelajari berbagai bahasa suku lain sejak dini, sehingga mereka dapat memahami dan menghargai orang dari etnis yang berbeda. Kesimpulannya, penelitian ini menyoroti pentingnya penerapan pendidikan multikultural dalam rangka menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan memperkaya pengalaman pendidikan bagi siswa di sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...