JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Keterampilan Menulis Ilmiah Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Problem Solving Berbasis Isu Sosiosaintifik

Nike Delia (Unknown)
Alberida, Heffi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis ilmiah peserta didik pada pembelajaran biologi melalui penerapan model problem solving berbasis isu sosiosaintifik. Pengukuran keterampilan menulis ilmiah peserta didik diperlukan sebagai tolak ukur bagi guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran agar lebih efisien dan dapat melatih keterampilan menulis ilmiah peserta didik. Keterampilan menulis ilmiah dibutuhkan untuk menyebarluaskan gagasan dan hasil penyelidikan serta nilai-nilai moral dan sosial. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan rancangan One Shot Case Study. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMAN 3 Pariaman tahun pelajaran 2022/2023. Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan 33 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Tes tertulis berupa makalah yang ditulis tangan. Instrumen yang digunakan berupa lembar kerja peserta didik yang telah valid. Analisis data berdasarkan rubrik penilaian keterampilan menulis ilmiah peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...