JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Minat Peserta Didik Baru dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga (di SMA Tamansiswa Kota Mojokerto Tahun 2023)

Eko Wahyu Widodo (Universitas Negeri Surabaya)
Fifukha Dwi Khory (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Minat peserta didik adalah keinginan pada diri seseorang dengan adanya rasa senang atau ketertarikan terhadap suatu objek atau kegiatan tertentu. Sedangkan faktor yang mempengaruhi minat peserta didik adalah segala sesuatu yang menimbulkan adanya minat untuk melakukan sesuatu. Minat yang timbul dari seseorang dipengaruhi oleh dua faktor internal dan faktor eksternal, yaitu faktor dari dalam seperti rasa senang, perhatian, dan persepsi sedangkan faktor dari luar seperti lingkungan, pengalaman, dan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh data tentang minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Tamansiswa kota Mojokerto. Untuk mengetahui faktor penyebab minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Tamansiswa Kota Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian survei minat peserta didik baru dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA Tamansiswa kota Mojokerto diperoleh sebanyak 45 siswa (25,28) memiliki minat ekstrakurikuler dengan kategori sangat tinggi, sebanyak 67 siswa (37,64) memiliki minat ekstrakurikuler dengan kategori tinggi, sebanyak 55 siswa (30,90) memiliki minat ekstrakurikuler dengan kategori rendah, sebanyak 11 siswa (6,16) memiliki minat ekstrakurikuler dengan kategori sangat rendah. Dari survei yang dilakukan peneliti terhadap dua faktor terebut faktor minat siswa cenderung mengarah pada faktor ekternal yang diperoleh sebanyak 81 siswa dengan persentase (45,50%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...