JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Metode Bercerita Berbantuan Buku Berseri pada Anak Kelompok B di TK Bina Ilmu Luwu Utara

Kadir, Abdul (Unknown)
Thaba, Aziz (Unknown)
Bandung, AB Takko (Unknown)
Nursaadah, St (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi anak TK khususnya di TK Bina Ilmu dengan menerapkan metode bercerita berbantuan buku berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi (verifikasi). Penelitian dilakukan pada anak kelompok B TK Bina Ilmu Luwu Utara. Analisis data menggunakan model interaktif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode bercerita berbantuan buku berseri mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di TK Bina Ilmu Luwu Utara. Temuan ini dibuktikan dengan perbandingan nilai rata-rata pratindakan, siklus pertama, dan siklus kedua yang terus meningkat secara signifikan. Persentase ketuntasan pratindakan sebesar 44,83%, siklus I sebesar 62,07%. Sedangkan pada siklus II sebesar 82,75%. Berdasarkan temuan ini, media youtube menjadi salah satu media efektif alternatif untuk mengatasi masalah hasil belajar anak dalam pembelajaran membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...