JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Enhancing Student Learning Outcomes through Collaborative Learning: A Classroom Action Research using Numbered Head Together (NHT) Model in Elementary Science Education

Susilawati Susilawati (SD Negeri Wono Sari)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metodologi penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi pada setiap siklusnya. Pada siklus I diamati permasalahan dalam mengelola dinamika kelompok dan meningkatkan interaksi siswa. Namun melalui refleksi dan perubahan pada siklus II terlihat adanya peningkatan yang cukup besar pada aktivitas guru dan siswa. Paradigma pembelajaran NHT dimanfaatkan sebagai teknik kolaboratif untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi siswa dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang baik pada aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar, hal ini menunjukkan efisiensi model pembelajaran NHT dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran NHT dapat dipandang sebagai pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam konteks [mata pelajaran tertentu]. Rekomendasi diberikan untuk memasukkan model pembelajaran NHT dalam praktik pembelajaran sehari-hari untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan interaksinya dalam pembelajaran kelompok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...