JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Empowering Educators: a Successful Community Service Initiative in Online Scientific Work Training

Pinta Nababan (SD Negeri 175822 Matio)
Asnita Hasibuan (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Program pengabdian masyarakat yang dirancang untuk meningkatkan kapasitas guru dalam mengkoordinasikan karya ilmiah online di SD Negeri 175822 Matio ini terbukti sukses gemilang. Diselenggarakan melalui lokakarya kecil pada tanggal 7 Januari 2024, pelatihan ini mengadopsi pendekatan yang disesuaikan dengan kebutuhan, melayani para pendidik dengan tingkat keterampilan yang beragam. Lokakarya ini sengaja dibuat pada awal tahun akademik untuk memastikan integrasi langsung keterampilan yang diperoleh ke dalam kurikulum. Kolaborasi dengan pendidik terampil dan pakar teknologi membantu menghasilkan konten lokakarya yang komprehensif dan relevan. Pengaruh inisiatif ini melampaui lokakarya, dengan pembentukan komunitas digital yang memungkinkan kolaborasi berkelanjutan dan berbagi pengetahuan di antara para instruktur. Area virtual yang dinamis ini terbukti penting dalam mendukung pertumbuhan profesional pendidik, yang mencerminkan pengembangan karakter pelatihan guru di era digital. Manfaat baik yang diperoleh, serta kemungkinan skalabilitas dan koordinasi dengan otoritas pendidikan setempat, menempatkan program ini sebagai model untuk upaya pengabdian masyarakat di masa depan. Sebagai seorang peneliti, kajian terhadap upaya ini memberikan wawasan penting mengenai pendekatan pelatihan guru yang efektif di era digital. Keberhasilan yang dicapai di SD Negeri 175822 Matio menjadi teladan bagi upaya masa depan, yang menggarisbawahi perlunya perencanaan strategis, kerja sama tim, dan dukungan berkelanjutan dalam menghasilkan dampak positif jangka panjang pada pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...