JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

The Effect of Highlight Story in Instagram to Improve The Student’s Writing Ability In Recount Text at Grade VIII in SMPN 4 Pematang Siantar

Manik, Nikerian W (Unknown)
Hutauruk, Bertaria Sohnata (Unknown)
Sinaga, Yanti Kristina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh highlight story di instagram terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount di kelas VIII di SMPN 4 Pematang Siantar. Penelitian ini berfokus pada pengaruh highlight story sebagai media untuk membantu siswa menulis teks recount dengan tema untuk menuliskan pengalaman mereka. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Pematang Siantar yang berjumlah 294 siswa. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas eksperimen (VIII-1) yang terdiri dari 30 siswa yang menggunakan media highlight story di instagram dan kelas kontrol (VIII-4) yang terdiri dari 30 siswa yang menggunakan media konvensional. . Instrumen pengumpulan data menggunakan tes menulis untuk pre-test dan post-test. Rubrik penilaian tulisan Brown digunakan dalam penelitian ini, yang mencakup beberapa aspek: isi, organisasi, tata bahasa, kosa kata dan mekanik. SPSS versi 24 digunakan untuk menganalisis data, dengan melakukan analisis deskriptif, uji normalitas, uji Wilcoxon, uji homogenitas dan uji Mann Whitney. Hasil analisis data menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa Assymp. Nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Berdasarkan temuan tersebut Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa highlight story pada media instagram secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...