JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Innovative Literacy Development: The Impact of the "Pohon Buku" Program in Elementary Schools

Jamaluddin Jamaluddin (SD Negeri 5 Menggamat)
Rumiris Lumban Gaol (Universitas Katolik Santo Thomas)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2024

Abstract

Inisiatif pengembangan masyarakat ini berfokus pada peningkatan literasi membaca di kalangan siswa sekolah dasar melalui penerapan program “Pohon Buku”. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan kecintaan membaca dan meningkatkan kemampuan literasi di kalangan siswa di lingkungan pendidikannya. Program ini merupakan bagian dari rencana pengembangan literasi sekolah yang lebih luas, yang berupaya membangun budaya membaca yang berkelanjutan. Skema "Pohon Buku" memerlukan penempatan "Pohon Buku" yang ditunjuk di ruang kelas atau lokasi utama yang dapat diakses oleh siswa. Pohon tersebut menyajikan berbagai buku cerita yang mencakup tema-tema pendidikan, agama, linguistik, cerita rakyat, dan binatang dalam berbagai bahasa. Upaya yang cermat dilakukan untuk mencocokkan buku dengan tingkat pembelajaran anak-anak, sehingga memfasilitasi pengembangan kemampuan membaca dan motorik. Terlepas dari permasalahan yang ditimbulkan oleh epidemi COVID-19 saat ini, dimana pembelajaran online telah menjadi standar, peluncuran program “Pohon Buku” tetap penting. Meskipun koneksi tatap muka terbatas, aplikasi beradaptasi dengan mengajarkan Pohon Buku secara elektronik, dilengkapi dengan buku cerita grafis yang baru diproduksi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi dan minat membaca siswa dalam suasana pembelajaran daring saat ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...