JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas XI SMA Negeri 2 Bungo

Ummiah, Syahira (Unknown)
Fuadiyah, Sa’diatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Jaringan Tumbuhan Di Kelas XI SMA Negeri 2 Bungo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik pada materi jaringan tumbuhan kelas XI SMA Negeri 2 Bungo. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi exsperiment (eksperimen semu). Penelitian ini menganalisis apakah kemampuan komunikasi peserta didik yang belajar menggunakan model discovery learning lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran langsung pada kelas XI SMA Negeri 2 Bungo. Penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design. Jenis data pada penelitian ini adalah data primer yang langsung diperoleh dari sampel berupa data kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik. Sumber data pada penelitian yang dilakukan adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Bungo yang terdaftar pada tahun ajaran 2023/2024 yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang dilakukan adalah tes tertulis berupa soal essay.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...