JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Strategi Belajar Siswa dalam Menghadapi Ujian Sekolah (US) di SDN Tamansari III

Nuraulia, Resti Eka (Unknown)
Quraisyin, Dewi (Unknown)
Nopianti, Fitri (Unknown)
Surani, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Strategi belajar seseorang merupakan suatu kombinasi metode untuk menyerap informasi kemudian mengorganisasikan dan mengolah informasi tersebut. Teknik untuk memperoleh data yaitu objektif dan akurat dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di SDN TAMANSARI III Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten. Lokasi dipilih karena pada lokasi ini belum mencapai target yang diinginkan. Sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa siswi kelas VI SDN Tamansari III, siswa perempuan sebanyak 10 orang dan siswa laki-laki sebanyak 10 orang. Strategi belajar yang efektif dalam dilakukan untuk meningkatkan nilai ujian sekolah pada diantaranya dengan cara seorang guru mengimplementasikan dalam berbagai bidang meliputi Bidang profesi, kemanusiaan dan kemasyarakatan. Strategi belajar mandiri dalam menghadapi persiapan ujian sekolah (US) diantaranya yaitu mengatur waktu belajar, adanya motivasi diri, membuat belajar kelompok, berlatih mengerjakan soal, dan memperkuat kemampuan dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...