JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Tantangan Pendidikan Masa Kini dalam Perspektif Islam di Era Globalisasi

Roni, Efrita (Unknown)
Supriawan, Supriawan (Unknown)
Suparni, Suparni (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2024

Abstract

Era globalisasi, dengan segala kemajuan teknologi dan perubahan dinamika sosial, telah membawa sejumlah tantangan signifikan terhadap sistem pendidikan Di Indonesia. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang tantangan ini menjadi kunci untuk merumuskan solusi yang efektif dalam menyelaraskan nilai-nilai Islam dengan kebutuhan zaman. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengedepankan analisis kritis. Cara melakukan penelitian ini ialah menggunakan cara naratif. Dalam kajian kritis memahami konteks dengan membidik tantangan pendidikan pada era globalisasi saat sekarang ini yang bersifat eksploitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fenomena atau tantangan pendidikan saat ini dalam perspektif islam dan upaya menghadapi tantangan tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa Tantangan pendidikan Islam di era globalisasi diantaranya (1) Adanya sistem pendekatan dan orientasi yang non Islami, (2) Pengaruh Sains dan teknologi, (3) Penjajahan baru dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Strategi dan upaya yang dilakukan untuk menjawab tantangan pendidikan Islam di era globalisasi dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Islamisasi ilmu pengetahuan, (2) Pendekatan Pendidikan Akhlak bagi Para Remaja, (3) Mengembangkan Model Pendidikan Karakter, (4) Meningkatkan Sikap Profesionalisme di lembaga pendidikan Islam, dan (5) Mengembangkan Madrsah sebagai lembaga pendidikan Islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...