JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Media Pembelajaran Pada Materi Elektrokimia: Sebuah Studi Literatur

Dwi Fadilla Putri, Zulkha (Unknown)
Guspatni, Guspatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Elektrokimia merupakan salah satu materi dalam ilmu kimia yang dianggap sulit oleh peserta didik karena mengandung konsep abstrak. Media pembelajaran yang tepat dibutuhkan untuk menghindari miskonsepsi dalam pemahaman konsep elektrokimia oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran yang telah dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran elektrokimia. Penelitian ini menggunakan metode literatur review dengan teknik pengumpulan data dari beberapa artikel terkait yang telah terindeks pada google schoolar berdasarkan nilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Kemudian dilakukan analisis dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa media pembelajaran cetak dan elektronik yang dikembangkan pada materi elektrokimia efektif digunakan dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini disebabkan oleh media pembelajaran pada materi elektrokimia yang dikembangkan valid melalui uji validasi dengan rentang nilai 0,83-0,93 untuk media cetak dan 0,8-1 untuk media elektronik, sedangkan aspek kepraktisan media cetak dinilai praktis dengan rentang nilai 0,79-0,94 dan media elektronik dengan rentang 0,82-0,96.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...