JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Representasi Bentuk Tindak Tutur dalam Video Dugaan Penistaan Agama Rudy Simamora

Dian Indrayani Imran (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Siti Suwadah Rimang (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Iskandar Iskandar (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk tuturan dan konteks tuturan Rudy Simamora dalam dugaan penistaan agama. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti adalah instrumen kunci. Data dalam penelitian ini yaitu berupa kata, kalimat atau paragraf pada yang terdapat pada tuturan Rudy Simamora yang diduga menistakan agama. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat pada video Rudy Simamora yang beredar di youtube pada kanal Tukang Nyimak dengan durasi 23 menit 14 detik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil analisis bentuk tindak tutur ilokusi serta konteks tuturan pada video dugaan penistaan agama Rudy Simamora, terdapat lima bentuk tindak tutur ilokusi yang ditemukan. Tindak tutur yang yang paling banyak ditemukan yaitu tindak tutur representatif dan tindak tutur direktif. Adapun cakupan keseluruhan data tuturan yang ditemukan yaitu, tindak tutur representatif sebanyak 19 data tuturan, tindak tutur direktif sebanyak 10 data tuturan, tindak tutur komisif sebanyak 2 data tuturan, tindak tutur ekspresif sebanyak 3 data tuturan, dan tindak tutur deklaratif sebanyak 2 data tuturan. Kemudian, terkait hasil analisis konteks tuturan, ditemukan bahwa adanya kecenderungan penistaan agama yang dilakukan oleh Rudy Simamora yang merujuk pada Pasal 156a KUHP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...