JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Peserta Didik Kelas I SD Negeri 4 Jambangan Tahun Pelajaran 2022 / 2023

Ningrum, Winda Krismei (Unknown)
Wicaksono, Anggit Grahito (Unknown)
Mustofa, Mukhlis (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini agar mengindentifikasi kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 4 Jambangan, untuk mendeskripsikan faktor penghambat kesulitan membaca permulaaan, dan mengetahui upaya tenaga pendidik untuk menanggulangi masalah tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya guru peserta didik kelas I, orang tua peserta didik kelas I, dan peserta didik kelas I. Objek penelitian menganalisis bagaimana kesulitan membaca permulaan, faktor yang menjadi penghambat, upaya guru dalam menanggulangi masalah kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas I. Tahapan dalam penelitan ini adalah pengumpulan informasi, menyajikan data serta memverifikasi data. Hasil yang didapatkan menunjukkan anak didik tidak mengidentifikasi huruf dan belum dapat melafalkan suku kata. Faktor yang mempengaruhi meliputi dari psikologis dan motivasi anak, keluarga, sifat kurang peduli terhadap teman, lingkungan yang tidak mendukung peserta didik untuk berkembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...