Tujuan penelitian ini agar mengindentifikasi kesulitan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri 4 Jambangan, untuk mendeskripsikan faktor penghambat kesulitan membaca permulaaan, dan mengetahui upaya tenaga pendidik untuk menanggulangi masalah tersebut. Penelitian kualitatif deskriptif ini pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya guru peserta didik kelas I, orang tua peserta didik kelas I, dan peserta didik kelas I. Objek penelitian menganalisis bagaimana kesulitan membaca permulaan, faktor yang menjadi penghambat, upaya guru dalam menanggulangi masalah kesulitan membaca permulaan pada peserta didik kelas I. Tahapan dalam penelitan ini adalah pengumpulan informasi, menyajikan data serta memverifikasi data. Hasil yang didapatkan menunjukkan anak didik tidak mengidentifikasi huruf dan belum dapat melafalkan suku kata. Faktor yang mempengaruhi meliputi dari psikologis dan motivasi anak, keluarga, sifat kurang peduli terhadap teman, lingkungan yang tidak mendukung peserta didik untuk berkembang.
Copyrights © 2024