Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang terdapat dalam novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik karya Boy Candra dan mendeskripsikan hasil penelitian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan adalah KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik karya Boy Candra dan data penelitian berupa kata, frasa, klausa ataupun kalimat berupa kutipan dalam novel yang mengandung gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah stilistika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter dan Teknik catat. Teknik analisis data dilakukan dengan membaca novel, mengidentifikasi frasa, klausa, dan kalimat di dalam novel Pempuan Rindu yang Baik untuk Kisah yang Pelik karya Boy Candra yang mengandung gaya bahasa menurut Gorys Keraf, menggolongkan data yang sudah teridentifikasi sesuai dengan kategori, melakukan analisis dan mendeskripsikan masing-masing jenis data dalam kaitannya dengan gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan; dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan 121 data gaya bahasa menurut Gorys Keraf. Terdapat 83 data gaya bahasa retoris, 38 data gaya bahasa kiasan. Hasil penelitian ini dapat implementasikan dalam bentuk RPP pada kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan adalah KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel.
Copyrights © 2024