JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Strategi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMK 08 Muhammadiyah Medan

Sari, Nadia Novita (Unknown)
Basri, Hasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2024

Abstract

Ada permasalahan yang di temukan di SMK Muhammadiyah 08 Medan khususnya di kelas XI TKJ-1, terdapat anak-anak yang kurang memperhatikan guru saat proses pembelajaran sehingga kelas tersebut kurang kondusif saat pelajaran pendidikan agama islam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru mata pelajaran agama Islam dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kendala yang di temukan adalah kurangnya pengawasan dan kesadaran siswa. Dan solusi dari permasalahan tersebut adalah kerjasama yang baik antara guru pendidikan agama islam, kepala sekolah, guru kesiswaan dan orang tua. Temuan dalam penelitian ini adalah bagaimana menumbuhkan jiwa disiplin, serta bagaimana mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien dalam rangka mengembangkan pendidikan bersama. Fokus penelitian ini adalah strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan disiplin belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...