JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Kepuasan Kerja Pegawai di Kementerian Agama Kota Padang

Nurvianto, Haryati (Unknown)
Gistituati, Nurhizrah (Unknown)
Rifma, Rifma (Unknown)
Ayu Ningrum, Tia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Kepuasan Kerja Pegawai adalah sikap positif di mana seorang pegawai merasa puas atau senang dengan pekerjaannya dan segala aspek yang terkait dengannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai kepuasan kerja pegawai di Kementerian Agama Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi 63 pegawai dan sampel penelitian yang berjumlah 43 pegawai yang ditentukan dengan Teknik Proportional Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan model skala Likert dengan 5 alternatif jawaban yang terdiri dari 36 item pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya dibantu dengan aplikasi IBM SPSS 26.0. Teknik analisis data menggunakan rumus rata-rata (mean). Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa kepuasan kerja pegawai terhadap: 1) kondisi kerja berada dalam kategori tinggi, yaitu pada skor rata-rata 4,43 dengan TCR 88,60%, 2) hubungan dengan rekan kerja berada dalam kategori tinggi, yaitu pada skor rata-rata 4,34 dengan TCR 86,93%, 3) penghargaan yang diberikan berada dalam kategori tinggi, yaitu pada skor rata-rata 4,20 dengan TCR 84,18%, 4) pengawasan yang dilakukan pimpinan berada dalam kategori tinggi, yaitu pada skor rata-rata 4,15 dengan TCR 83,06%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kepuasan kerja di Kementerian Agama Kota Padang berada pada kategori tinggi mendapatkan skor rata-rata 4,28 dengan TCR 85,69%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...