JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Media Kincir Pelangi dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan 1-10 pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV di SLB Insan Mulia

Pragesti, Nining (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Penulis termotivasi buat melaksanakan penelitian ini sebab tantangan yang dialami oleh siswa dengan kecerdasan rendah yang hadapi kesusahan dalam memahami bilangan 1 hingga 10. Tujuan utama penelitian ini merupakan buat tingkatkan kemampuan mengenal bilangan pada siswa kelas IV sensitivitas rendah siswa di SLB Insan Mulia Kota Payakumbuh lewat media kincir pelangi. Penelitian ini menggunakan uji eksperimen dengan kelompok subjek penelitian (SSR) bertipe A1, B, A2, dan menggunakan metode analisis visual grafis serta metode penangkapan informasi dalam bentuk grafik yang dianalisis berdasarkan metode tersebut. (A1, B, A2). Subjek penelitian yang diambil ialah siswa tunagrahita kelas IV di SLB Insan Mulia. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwasanya media kincir pelangi efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali bilangan 1 sampai 10 dilihat dari metode baseline (A1) diuji sebanyak empat kali, dengan angka sebesar 30%, 30%, 30% dan 30%. Pada metode intervensi (B) yang dicoba sebanyak 9 kali, skornya mencapai 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 80%, 90%, 90%, dan 90%. Pada seri baseline (A2) yang berlangsung selama 4 kali pertemuan diperoleh skor 85%, 90%, 90% dan 90%. Berdasarkan hasil yang didapat, dapat diambil kesimpulan kemampuan mengenali bilangan 1 sampai 10 pada siswa tunagrahita ringan meningkat setelah menggunakan media kincir pelangi dalam dunia pendidikan. Sehingga kincir pelangi efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1 hingga 10.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...