JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 137958 Tanjungbalai

Sitorus, Izza Sya’adah (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model PBL berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Kelas V SDN 137958 Tanjungbalai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 137958 Tanjungbalai T.A 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V-B berjumlah 52 orang dengan menggunakan teknik cluster sampling. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test control group, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pada penelitian ini terdapat dua kelas yang diteliti yaitu kelas eksperimen (model PBL berbantuan media video animasi) dan kelas kontrol (model konvensional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PBL berbantuan media video animasi memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SDN 137958 Tanjungbalai pada tema 1 subtema 1 dan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar di kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi guru untuk menggunakan model PBL berbantuan media video animasi dalam tema 1 subtema 1 pada siswa kelas V Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...