JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Berbasis PowerPoint pada Tema 1 Siswa Kelas V SDN 106810 Desa Sampali

Harahap, Annisa Nurjannah (Unknown)
Sitohang, Risma (Unknown)
Nurmayani, Nurmayani (Unknown)
Prawija, Septian (Unknown)
Afriadi, Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran multimedia berbasis powerpoint siswa kelas V SDN 106810 Desa Sampali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106810 Desa Sampali sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan obeservasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian media multimedia berbasis powerpoint siswa kelas V SDN 106810 Desa Sampali termasuk “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata oleh ahli materi 80% dan dari ahli media memperoleh rata-rata 94% kategori “Sangat Layak”. Hasil kepraktisan media multimedia berbasis powerpoint siswa oleh praktisi pendidikan memperoleh rata-rata 77% kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji keefektifan media multimedia berbasis powerpoint yang dikembangkan, nilai siswa meningkat dari awal sebelum menggunakan media multimedia berbasis powerpoint siswa mendapat nilai rata-rata 39,75% dan setelahnya menjadi 90,25%. Berdasarkan penelitian dan data yang ditemukan menunjukkan bahwa media multimedia berbasis powerpoint sudah sangat layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...