Kurikulum 2013 menginginkan proses pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik sehingga memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif. Hasil studi pendahuluan memperlihatkan kemampuan berfikir kritis siswa masih rendah. Solusi dari permasalahan adalah siswa membutuhkan bahan ajar yang memiliki daya tarik akan minat belajar. Bahan ajar digital yang berbentuk E-LKPD berbasis Problem Based Learning menjadi solusi atas permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan E-LKPD berbasis Problem Based Learning pada materi Gelombang Bunyi yang memuat Keterampilan Berfikir Kritis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implementation dan evaluation) yang dibatasi sampai tahap implementation. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang diperoleh langsung dari instrumen penelitian berupa lembar observasi, angket validitas, dan angket praktikalitas. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh E-LKPD berbasis Problem Based Learning yang sangat valid dengan nilai validitas sebesar 84,1%. Sedangkan ditinjau dari nilai praktikalitas oleh guru diperoleh sebesar 93,95% dan nilai praktikalitas dari siswa diperoleh sebesar 92,86%. Dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada materi Gelombang Bunyi yang memuat keterampilan berfikir kritis siswa yang sangat valid dan sangat praktis.
Copyrights © 2024