JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran SKI di Ma Al-Wathoniyah 5

Tihona, Syifa Mawardah (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penerapan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI) di MA AL-WATHONIYAH 5, faktor pendukung dan kendala pada penerapan PAKEM pada mata pelajaran SKI, dan hasil penerapan PAKEM pada mata pelajaran SKI di MA AL-WATHONIYAH 5. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Instrument utama dalam pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan catatan dokumentasi. Narasumber penelitian ini melibatkan Guru Sejarah kebudayaan islam (SKI) sebagai informan. Hasil penelitian ini adalah pada umumnya pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) telah diterapkan di MA AL-WATHONIYAH 5 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI), faktor pendukung dan kendala pada penerapan PAKEM pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI), faktor pendukung diantaranya adalah lingkungan sekolah yang juga merupakan sumber belajar, motivasi dan pimpinan kepada guru untuk mengadakan pelatihan, mengikutsertakan guru dalam kegiatan pelatihan dalam hal metode pembelajaran serta mengadakan supervisi kepada para pendidik yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas, sedangkan faktor kendala diantaranya adalah motivasi peserta didik, kemampuan guru serta tersedianya fasilitas dan media pembelajaran, hasil penerapan PAKEM pada mata pelajaran SKI di MA AL-WATHONIYAH 5 sangat baik, hal ini dapat dilihat dari semangat peserta didik dan aktif dalam pelajaran SKI serta interaksi antara guru dengan peserta didik, sesame peserta didik, peserta didik, guru serta sumber belajar dengan penerapan PAKEM berlangsung dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...