Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar pola gambar dan pola bilangan di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yang berjenis Nonequivalent Kontrol Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Teknik Pengambilan sampel adalah nonprobablity sampling type purposive sampling yang diperoleh kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda. Untuk data awal digunakan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen 58,39 dan pada kelas kontrol sebesar 62,4. setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional didapatkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 85,53 dan kelas kontrol sebesar 82,4. hasil analisis data dari uji hipotesis yang telah dilakukan, diperoleh thitung sebesar 3,41 dan ttabel sebesar 1,67. hal ini berarti thitung > ttabel yaitu 3,41 > 1,67, maka hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak yaitu terdapat pengaruh model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pola Gambar dan Pola Bilangan di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang.
Copyrights © 2024