JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Validitas E-modul Berbasis Problem Based Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia Fase F Kelas XI

Marvira, Serli (Unknown)
Iryani, Iryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Materi kesetimbangan kimia merupakan materi yang memerlukan visualisasi untuk menggambarkan materi yang bersifat abstrak. E-modul merupakan salah satu bahan ajar yang dapat mencerminkan materi abstrak dan mendukung peserta didik belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas e-modul pada materi kesetimbangan kimia berbasis problem based learning fase F kelas XI. Jenis penelitian ini tergolong sebagai penelitian desain pendidikan atau Educational Design Research (EDR) dengan menggunakan model Plomp dengan tahapan: penelitian pendahuluan, pembentukan prototipe, dan evaluasi, namun penelitian ini terbatas pada prototipe III yaitu validasi e-modul. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi, angket validasi isi dan angket validasi media. Penilaian angket validasi ini dilakukan oleh lima orang validator yang terdiri dari tiga orang dosen kimia UNP dan dua orang guru kimia. Hasilnya dianalisis menggunakan formula Aiken’s V. Hasil analisis validitas mengungkapkan nilai rata-rata validasi isi sebesar 0,85 dengan kategori valid dan validasi media sebesar 0,84 dengan kategori valid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...