JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penerapan Story Telling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Cerita Rakyat (HIKAYAT) Siswa Kelas X SMA Ulun Nuha Medan Tahun Pembelajaran 2023-2024

Junaidi, Dedek (Unknown)
Zahara, Siti Fatimah (Unknown)
Nurhayati, Nurhayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan metode story telling untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas X SMA Ulun Nuha Medan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode story telling siswa kelas X SMA Ulun Nuha Medan.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Setiap kelas berjumlah 31 siswa pada kelas masing-masing.Berdasarkan analisis persentasi menunjukkan adanya pengaruh penerapan story telling pad hasil belajar siswa dalam keterampilan berbicara dalam cerita rakyat (hikayat). Hal ini terlihat dari hasil analisis uji normalisasi dimana p value > 0,05. Sementara pada uji homogenitas p-value > a yaitu 0,280 > 0,05. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis melalui uji t dengan menggunakan metode independent sampel t-test diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000.Karena nilai signifikansi atau p-value < a, maka Ho dan Ha.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...