JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Model Kooperatif dengan Media Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Menulis: Penelitian Subjek Tunggal terhadap Pembelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Negeri 1 Pamatang Silimahuta

Girsang, Lesnaria Br (Unknown)
Rosliani, Rosliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mengenai kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar, khususnya kompetensi menulis teks sederhana, mengkaji proses pembelajaran menulis tingkat dasar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teka-teki silang dan untuk mengevaluasi dampak intervensi tersebut terhadap kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar, sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif dengan Teknik Think-Pair-Share. Melalui kemitraan kolaboratif dengan pendidik, peserta didik diberikan bimbingan dan mampu berpartisipasi aktif dalam percakapan. Metode yang digunakan ialah pendekatan subjek tunggal. Pendekatan ini memungkinkan pengujian secara langsung terhadap pengaruh media teka-teki silang dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar. Keputusan untuk menggunakan metode ini selaras dengan sifat penelitian yang berfokus pada pengamatan perilaku individu dan perbedaan di antara subjek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar melalui integrasi teka-teki silang dalam kerangka pembelajaran kooperatif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...