Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman mengenai kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar, khususnya kompetensi menulis teks sederhana, mengkaji proses pembelajaran menulis tingkat dasar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teka-teki silang dan untuk mengevaluasi dampak intervensi tersebut terhadap kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar, sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif dengan Teknik Think-Pair-Share. Melalui kemitraan kolaboratif dengan pendidik, peserta didik diberikan bimbingan dan mampu berpartisipasi aktif dalam percakapan. Metode yang digunakan ialah pendekatan subjek tunggal. Pendekatan ini memungkinkan pengujian secara langsung terhadap pengaruh media teka-teki silang dalam pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar. Keputusan untuk menggunakan metode ini selaras dengan sifat penelitian yang berfokus pada pengamatan perilaku individu dan perbedaan di antara subjek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis peserta didik BIPA tingkat dasar melalui integrasi teka-teki silang dalam kerangka pembelajaran kooperatif.
Copyrights © 2024