Journal of Society and Continuing Education
Vol 5, No 2 (2024)

Pengelolaan Diklat pada Tim Pendamping Keluarga dalam Pencegahan Stunting di BKKBN DIY

Rahmawati, Mufidatun Dhani (Unknown)
Dewi, Adin Ariyanti (Unknown)
Kusumawardani, Erma (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan Diklat Pada Tim Pendamping Keluarga dalam pencegahan stunting di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN). Metode penelitian dalam penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Permasalahan ada pada fokus yaitu Efektivitas Pengelolaan Diklat pada Pusdiklat Kependudukan dan Keluarga Berencana di BKKBN DIY. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian ini staf penyelenggara diklat dan sub koor program kerja di bidang pendidikan dan pelatihan di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukan 1) perencanaan diklat pada Tim Pendamping Keluarga (TPK) di BKKBN DIY meliputi analisis kebutuhan diklat, merumuskan tujuan diklat, menyusun rencana pelatihan, penyusunan bahan ajar, penggunaan media pembelajaran, dan pengorganisasian 2) pelaksanaan diklat yang dilakukan pada Tim Pendamping Keluarga meliputi tugas Tim Pendamping Keluarga yaitu melakukan pendampingan terhadap keluarga yang memiliki kerawanan terhadap stunting, penggunaan aplikasi Elsimil sebagai media atau bahan ajar yang digunakan untuk membantu proses pendampingan, Tim Pendamping keluarga bersama Penyuluh KB menggunakan media Poster Penting sebagai alat pemantauan tinggi badan dan tiga pesan kunci mengenai stunting, serta mekanisme dan langkah kerja Tim Pendamping Keluarga. 3) evaluasi diklat pada Tim Pendamping Keluarga meliputi peningkatan kemampuan TPK dalam melakukan pendampingan di lapangan, kemampuan mengaitkan materi diklat untuk menunjang tugas pendampingan, dan perubahan perilaku sampai kepada perilaku sasaran yang didampingi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pls

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Journal of Society and Continuing Education. Journal periodically published three times in January, May, and September. Contains writings raised from the results of research and critical analysis studies in the fields of: 1. Non-formal Education 2. Community Empowerment 3. Social Innovation 4. Human ...