JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Jambi Masa Kolonialisme dan Imperialisme Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah: Study Kasus Kepemimpinan H. Ismail pada Masyarakat Kerinci dalam Perjuangan Melawan Belanda (1903-1925)

Firstika Memoliana Disvia (Universitas Jambi)
Budi Purnomo (Universitas Jambi)
Andre Mustofa Meihan (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Salah satu daerah di Provinsi Jambi yang tentunya mengalami sengatan penjajahan Belanda adalah Kabupaten Kerinci. Perlawanan rakyat yang dipimpin oleh H. Ismail dan para pejuang rakyat Kerinci merupakan akibat dari upaya rakyat Belanda untuk membentuk sistem monopoli perdagangan dan membangun kekuasaan di dalam wilayah Kabupaten Kerinci. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk memberikan bahan ajar sejarah kepemimpinan H.Ismail pada masyarakat Kerinci pada masa gerakan perlawanan melawan Belanda antara tahun 1903 hingga 1925. Tulisan ini ditulis dengan menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kisah kepemimpinan dan kepiawaian H. Ismail dalam mengorganisir masyarakat Kerinci melawan Belanda di Kerinci antara tahun 1903 hingga tahun 1925 dijadikan sebagai bahan ajar pada kelas sejarah dengan tujuan untuk meningkatkan pembelajaran dengan memperhatikan nilai-nilai afektif dan mencontohkan pelayanan terhadap rakyat. pahlawan-pahlawan yang pernah berjuang melawan penjajahan Belanda demi mengamankan kemerdekaan Indonesia, dan diyakini dampaknya semakin berkurang akibat semakin meluasnya globalisasi terhadap kesadaran siswa terhadap mata pelajaran ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...