JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penerapan Modifikasi Permainan Softball terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PJOK

Sabita, Ana (Unknown)
Hartati, Sasminta Christina Yuli (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Pendidikan merupakan sarana yang dapat menjadi penunjang bagi anak bangsa untuk meningkatkan kualitas diri dan kehidupan mereka agar siap menghadapi persaingan yang akan datang. Maka dari itu pendidikan sangat dibutuhkan bagi peserta didik, pendidikan tersebut bisa didapatkan dengan pembelajaran di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh setelah diberikan penerapan modifikasi permainan softball terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PJOK kelas IX di UPT SMP Negeri 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, yaitu eksperimen semu desain One Grup Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan sampel murid kelas IX-H UPT SMP Negeri 2 Gresik dengan jumlah 32 peserta didik. Hasil dari melakukan pengambilan data, data yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini dapat kita ketahui tidak terdapat pengaruh dalam penerapan modifikasi permainan softball terhadap motivasi belajar siswa. Hasil dari analisis data yang telah dilakukan peneliti menggunakan angket motivasi mendapatkan hasil nilai pre-test sebesar 120,34 sedangkan hasil nilai post-test sebesar 123,21 sehingga peningkatan nilai rata-ratanya hanya sebesar 2,87, yang artinya hasil nilai angket motivasi pada pre-test dan post-test mengalami peningkatan berjumlah 3,58%.Hal ini terbukti dari hasil penelitian menghasilkan nilai angket Pre-test dan Post-test menunjukkan Thitung > Ttabel yaitu 0,156 > -1454 dan dari hasil menunjukkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...