Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh pendidik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan belajar. Begitupun kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan pendidik dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran. Pemilihan strategi dan metode yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi peserta didik merupakan ketrampilan dasar yang harus dimiliki oleh pendidik. Kenyataannya pendidik yang mengajar SKI di MTs Al-Falah Padang belum menggunakan metode pembelajaran yang mengembangkan iklim pembelajaran kondusif untuk belajar. Hal ini terlihat dari penggunaan metode yang monoton, yakni mencatat, ceramah dan sedikit tanya jawab. Pilihan metode yang kurang tepat ini, diduga sebagai salah satu penyebab kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar peserta didik pada materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui strategi learning starts with a question pada kelas VIII MTs Al-Falah Padang semester II Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk menjaring data kemampuan bertanya dan tes digunakan untuk memperoleh data prestasi hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan persentase. Hasil dari penerapan strategi learning starts with a question dalam pembel-ajaran SKI cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik sebesar 82,14%, dan prestasi belajar peserta didik sebesar 42,86%.
Copyrights © 2024