JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penerapan Strategi Learning Starts with a Question untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Prestasi Belajar SKI Peserta Didik (Studi di MTs Al-Falah Padang)

Misra, Misra (Unknown)
Maria, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Iklim pembelajaran yang dikembangkan oleh pendidik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan belajar. Begitupun kualitas dan keberhasilan pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kemampuan dan ketepatan pendidik dalam memilih dan menggunakan strategi pembelajaran. Pemilihan strategi dan metode yang sesuai dengan tujuan kurikulum dan potensi peserta didik merupakan ketrampilan dasar yang harus dimiliki oleh pendidik. Kenyataannya pendidik yang mengajar SKI di MTs Al-Falah Padang belum menggunakan metode pembelajaran yang mengembangkan iklim pembelajaran kondusif untuk belajar. Hal ini terlihat dari penggunaan metode yang monoton, yakni mencatat, ceramah dan sedikit tanya jawab. Pilihan metode yang kurang tepat ini, diduga sebagai salah satu penyebab kebanyakan peserta didik mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bertanya dan prestasi belajar peserta didik pada materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) melalui strategi learning starts with a question pada kelas VIII MTs Al-Falah Padang semester II Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Observasi digunakan untuk menjaring data kemampuan bertanya dan tes digunakan untuk memperoleh data prestasi hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan persentase. Hasil dari penerapan strategi learning starts with a question dalam pembel-ajaran SKI cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan bertanya peserta didik sebesar 82,14%, dan prestasi belajar peserta didik sebesar 42,86%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...