Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pentingnya peran keluarga dalam penanaman karakter disiplin peserta didik kelas 3 SD Negeri Tugu Jebres, (2) Untuk mengetahui pentingnya peran lingkungan sekolah dalam penanaman karakter disiplin peserta didik kelas 3 SD Negeri Tugu Jebres, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung maupun faktor penghambat pihak lingkungan keluarga maupun pihak lingkungan sekolah dalam menanamkan karakter disiplin peserta didik kelas 3 SD Negeri Tugu Jebres. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model interaktif. Penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas III, peserta didik kelas III, orang tua peserta didik, dan saudara / kerabat peserta didik dengan obyek menganalisis karakter disiplin peserta didik kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data ini menggunakan model Miles & Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas III memperoleh pendidikan penanaman karakter disiplin di lingkungan keluarga maupun sekolah dengan baik. Faktor pendukungnya yaitu pola asuh lingkungan keluarga yang baik, kesadaran diri anak yang baik, dan guru mampu memberikan tauladan / contoh perilaku yang mencerminkan karakter disiplin. Faktor penghambat di lingkungan yairu kesibukan orang tua / saudara peserta didik, faktor gadget, kesadaran diri peserta didik sebagian masih kurang, faktor teman sebaya, dan kurangnya pemahaman karakter masing-masing peserta diddik oleh guru.
Copyrights © 2024