JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Strategi Pelatih Ekstrakurikuler Pasukan Pengibar Bendera dalam Membangun Mental Juara di SMAN 19 Surabaya

Husna, Laila Amalia (Unknown)
Adi, Agus Satmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pelatih ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera dalam membangun mental juara di SMAN 19 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari pelatih dan pembina ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera SMAN 19 Surabaya. Lokasi penelitian berada di SMAN 19 Surabaya. Strategi pelatih ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera dalam membangun mental juara kemudian akan dianalisis dengan menggunakan teori belajar behavioristik Thorndike. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan pelatih dalam membangun mental juara pada ekstrakurikuler paskibra adalah dengan pemberian punishment saat latihan, latihan gabungan (study banding) dengan sekolah lain, memberikan gambaran tujuan mengikuti paskibra, memberikan materi dalam membentuk mental, melibatkan hubungan dengan orang tua meliputi support terhadap anak dalam kegiatan paskibra, melakukan bimbingan mental, membangun ikatan (bonding) antaranggota dan pelatih, dan memberikan motivasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...