JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Penggunaan Media Boardgame Geometry Untuk Meningkatkan Pembelajaran Mengenal Bentuk Bangun Datar Bagi Anak Autis

Rahmadani, Suci Indah (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Pengetahuan tentang bentuk bangun datar merupakan pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak. Dengan mengajari mereka, mereka akan dapat membedakan bentuk-bentuk datar dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diangkat dari permasalahan seorang anak dengan gangguan autis yang duduk dibangku sekolah dasar kelas rendah fase A dan belum mengenal bentuk1bangun1datar. Peneliti menggunakan media Boardgame Geometry dalam mengenal bentuk bangun datar bagi anak autis kelas rendah Fase A di SLB YPPA Autisma Kota Solok. Tujuan pada penelitian ini untuk melihat efektifitas penggunaan media Boardgame Geometry dalam upaya meningkatkan pembelajaran mengenal bentukibangun datar Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dengan Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik yang dibagi atas analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan Mean Level A1 34, Mean Level B 73, dan Mean Level A2 91. Kemampuan dalam mengenal bentuk bangun datar menunjukkan hasil analisis data mengalami peningkatan. Overlape data pada fase A1/B adalah 0% dan fase A2/B adalah 55%. Berdasarkan analisis tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan media Boardgame Geometry efektif digunakan untuk mengenal bentuk bangun datar bagi anak autis kelas rendah Fase A di SLB YPPA Autisma Kota Solok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...