Pengetahuan tentang bentuk bangun datar merupakan pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak. Dengan mengajari mereka, mereka akan dapat membedakan bentuk-bentuk datar dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diangkat dari permasalahan seorang anak dengan gangguan autis yang duduk dibangku sekolah dasar kelas rendah fase A dan belum mengenal bentuk1bangun1datar. Peneliti menggunakan media Boardgame Geometry dalam mengenal bentuk bangun datar bagi anak autis kelas rendah Fase A di SLB YPPA Autisma Kota Solok. Tujuan pada penelitian ini untuk melihat efektifitas penggunaan media Boardgame Geometry dalam upaya meningkatkan pembelajaran mengenal bentukibangun datar Jenis penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dengan Teknik pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik yang dibagi atas analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan Mean Level A1 34, Mean Level B 73, dan Mean Level A2 91. Kemampuan dalam mengenal bentuk bangun datar menunjukkan hasil analisis data mengalami peningkatan. Overlape data pada fase A1/B adalah 0% dan fase A2/B adalah 55%. Berdasarkan analisis tersebut, menunjukkan bahwa penggunaan media Boardgame Geometry efektif digunakan untuk mengenal bentuk bangun datar bagi anak autis kelas rendah Fase A di SLB YPPA Autisma Kota Solok.
Copyrights © 2024