Mendengarkan adalah salah satu keterampilan terpenting dalam belajar bahasa Inggris, lebih dari 45% waktu berkomunikasi dihabiskan dengan mendengarkan. Namun, banyak siswa yang menganggap kegiatan mendengarkan itu sulit dan siswa memiliki pemahaman mendengarkan yang rendah karena siswa tidak memahami apa yang dikatakan guru dan sulit bagi siswa untuk memahaminya. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan teknik dictogloss terhadap pemahaman mendengarkan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desainnya adalah eksperimen semu dengan populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 02 Padang Lawas. Sampel diambil dengan menerapkan teknik purposive sampling. Tested Pretest dan posttest diberikan kepada siswa dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Uji-t sampel independen dilakukan untuk membandingkan rata-rata kedua kelompok independen. Hasil temuan menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 dengan df 47 (2,155>0,05). Dengan hasil perhitungan hipotesis nol berhasil ditolak. Artinya pemahaman menyimak di kelas sebelas MAN 02 Padang Lawas yang diajarkan dengan menggunakan teknik dictogloss lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan teknik konvensional.
Copyrights © 2024