JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Penggunaan Sarana Prasarana Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka

Miranda, Irawati (Unknown)
Hartono, Hartono (Unknown)
Nasution, Abdul Haris (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2024

Abstract

Pendidikan memegang peran penting dalam kemajuan suatu negara, termasuk Indonesia. Faktor kualitas pendidikan tidak hanya tergantung pada kualitas guru, tetapi juga pada sarana prasarana yang memadai. Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka memiliki sarana dan prasarana yang memadai, tetapi perlu evaluasi terus-menerus terhadap pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 40 peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Instrumen penelitian melibatkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel penelitian mencakup penggunaan sarana dan prasarana sebagai variabel bebas, dan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Hasil analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, didapatkan hasil bahwa seluruh item kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Uji normalitas menunjukkan distribusi data normal. Sementara itu berdasarkan Uji T-Test diketahui nilai signifikasi (Sig) sebesar 000 lebih kecil dari probabilitas 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan sarana prasarana pembelajaran (X) terhadap hasil belajar (Y). Temuan ini konsisten dengan hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kualitas sarana prasarana memiliki dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memberikan dasar ilmiah untuk memperkuat peran sarana prasarana dalam mendukung keberhasilan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Peran kompetensi guru, manajemen pengelolaan, distribusi yang merata, dan dukungan pemerintah juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...