Pendidikan memegang peran penting dalam kemajuan suatu negara, termasuk Indonesia. Faktor kualitas pendidikan tidak hanya tergantung pada kualitas guru, tetapi juga pada sarana prasarana yang memadai. Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka memiliki sarana dan prasarana yang memadai, tetapi perlu evaluasi terus-menerus terhadap pengaruhnya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 40 peserta didik kelas XII di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Instrumen penelitian melibatkan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Variabel penelitian mencakup penggunaan sarana dan prasarana sebagai variabel bebas, dan hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat. Hasil analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, didapatkan hasil bahwa seluruh item kuesioner dinyatakan valid dan reliabel. Uji normalitas menunjukkan distribusi data normal. Sementara itu berdasarkan Uji T-Test diketahui nilai signifikasi (Sig) sebesar 000 lebih kecil dari probabilitas 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan sarana prasarana pembelajaran (X) terhadap hasil belajar (Y). Temuan ini konsisten dengan hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kualitas sarana prasarana memiliki dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memberikan dasar ilmiah untuk memperkuat peran sarana prasarana dalam mendukung keberhasilan pembelajaran di Madrasah Aliyah Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. Peran kompetensi guru, manajemen pengelolaan, distribusi yang merata, dan dukungan pemerintah juga merupakan faktor penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024