Kemampuan sosial emosional di era sekarang semakin memprihatinkan yaitu terkait kemampuan memanajemen emosi yang masih kurang, hal ini juga seirama dengan hasil observasi yang dilakukan di kelas II dari 27 peserta didik terdapat 15 peserta didik dengan perkembangan sosialnya rendah. tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran social emosional melalui model pembelajaran bermain peran (role playing) di kelas II SD negeri Bugangan 03 Semarang, metode yang dilakukan oleh penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu ,menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pelaksanaan analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran social emosional melalui model pembelajaran bermain peran (role playing) di kelas II SD negeri Bugangan 03 Semarang terdapat Langkah-langkah dan indikator ketercapaian pelaksanaan pembelajaran social emosional dengan scenario berjudul “menjenguk teman”
Copyrights © 2024