JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pelaksanaan Pembelajaran Sosial Emosional melalui Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) di Kelas II SD Negeri Bugangan 03 Semarang

Ramadhani, Wafiqoh (Unknown)
Miyono, Noor (Unknown)
Masudah, Masudah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Kemampuan sosial emosional di era sekarang semakin memprihatinkan yaitu terkait kemampuan memanajemen emosi yang masih kurang, hal ini juga seirama dengan hasil observasi yang dilakukan di kelas II dari 27 peserta didik terdapat 15 peserta didik dengan perkembangan sosialnya rendah. tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran social emosional melalui model pembelajaran bermain peran (role playing) di kelas II SD negeri Bugangan 03 Semarang, metode yang dilakukan oleh penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu ,menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan pelaksanaan analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran social emosional melalui model pembelajaran bermain peran (role playing) di kelas II SD negeri Bugangan 03 Semarang terdapat Langkah-langkah dan indikator ketercapaian pelaksanaan pembelajaran social emosional dengan scenario berjudul “menjenguk teman”

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...