JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto

Shelfina Hidayati (Universitas Negeri Surabaya)
Andhega Wijaya (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang kondisi kebugaran jasmani pada SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto khususnya pada siswa kelas X dan kelas XI selama 10 tahun belum pernah melakukan tes kebugaran jasmani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat kebugaran jasmani pada siswa kelas X dan kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto pada tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel yang diambil adalah 3 kelas dari masing-masing jurusan pada kelas X dan kelas XI dengan total sampel yang diambil 204 siswa. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan Tes Progressive Aerobic Cardiovascular Endurance Run (PACER) yang di ambil dari buku pedoman pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) yang dikeluarkan oleh KEMENPORA. Hasil penelitian dengan menggunakan pacer tes oleh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto dengan hasil sebagai kategori cukup 2 siswa (1,96%), rendah 16 siswa (16,67%), dan sangat rendah 102 siswa (81,37%) sedangkan untuk kelas XI di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto dengan hasil sebagai kategori rendah 2 siswa (1,96%), dan sangat rendah 100 siswa (98,04%) dengan rata-rata yang diperoleh seluruh siswa adalah 25,63. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kebugaran siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 1 Gondang Mojokerto berada dalam kategori sangat rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...