JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Antusiasme dan Adaptabilitas dalam Ruang Pembelajaran

Ignasius Heri Satrya Wangsa (Universitas Katolik Musi Charitas)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Institusi pendidikan menjadi sarana strategis ruang pembelajaran. Karakter pembelajaran mendorong institusi mengembangkan model kreatif proses pembelajaran antusias dan adaptif. Proses belajar akan menjadi lebih efektif apabila pengertian antusias dapat dipahami dengan baik. Antusias ruang pembelajaran sebagai sebuah proyek kebersamaan bernilai strategis tercipta melalui kerjasama kolaboratif fasilitator-partisipan di ruang pembelajaran. Partisipan memiliki daya respon berupa kesediaan dan kesanggupan untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Fasilitator mengelola strategi pembelajarannya sehingga memiliki daya adaptabilitas, yaitu strategi pembelajaran yang mampu merespon tingkat partisipasi partisipan dalam Proses pembelajaran. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan melakukan analisa kritis narasi partisipan. Narasi partisipan diambil melalui tugas2 tertulis dalam ruang pembelajaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...