JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Media Konkret terhadap Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas II SDN Plamongansari 02

Ati, Berliana Sedar (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)
Wikyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas media konkret terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri Plamongansari 02. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimental berbentuk Pre- Experimental Desaigns dengan pendekatan one-group pretest posttest design dimana teknik penelitian menggunakan sampling jenuh yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel sebanyak 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest sebesar 12.3%. Media konkret efektif dalam pembelajaran dibuktikan dengan hasil penelitian uji Wilcoxon pada table Asymp Sig (2-tailed) diketahui data pretest dan posttest sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H_a diterima sedangkan H_0 ditolak. Oleh karena itu, penggunaan media konkret efektif terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Plamongasari 02.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...