Penelitian ini menganalisis efektivitas media konkret terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri Plamongansari 02. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimental berbentuk Pre- Experimental Desaigns dengan pendekatan one-group pretest posttest design dimana teknik penelitian menggunakan sampling jenuh yang menjadikan semua anggota populasi sebagai sampel sebanyak 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest ke posttest sebesar 12.3%. Media konkret efektif dalam pembelajaran dibuktikan dengan hasil penelitian uji Wilcoxon pada table Asymp Sig (2-tailed) diketahui data pretest dan posttest sebesar 0,000 < 0,05 sehingga H_a diterima sedangkan H_0 ditolak. Oleh karena itu, penggunaan media konkret efektif terhadap hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Plamongasari 02.
Copyrights © 2024